Prilaku Kelompok dan Tim dalam Organisasi
Dalam sebuah kelompok dan tim di organisasi atau komunitas mempunyai beberapa tipe tapi sebelum itu , apa sih itu Group dan Team? .
Kelompok dan Tim sering sekali digunakan dalam hal kerjasama , menurut definisi oleh tokoh psikologi aliran klasik unit kecil yang dipelajari psikologi yaitu individu. Olehkarna itu kelompok adalah sekumpulan individu . Gustave Le Bon (1941-!931)
Tm dapat digambarkan sebagai sekumpulan orang dalam jumlah kecil dengan kemampuan yang dapat saling melengkapi satu sama lain dan memiliki tujuan, performance goals, dan pendekatan yang mengharuskan mereka untuk bertanggung jawab (moorhead & Griffin, 2010)
Berikut ini Gambaran tentang Team dan Group:
Types Of Groups
1. Formal And Informal
Formal : Tujuan penting dan peran yang dilakukan oleh anggota yang telah ditentukan.
Informal: Tujuan penting dan peran muncul ketika orang saling melakukan interaksi
2. Primary And Secondary
Primary : Group(kelompok) kecil sering melakukan kontak wajah dan memiliki hubungan dekat.
Secondary: Group(kelompok) Besar memiliki budaya yang berbeda , letak geografis tiap anggota jauh seperti perusahaan .
3. Coating : Anggota dapat melakukan tugas-tugas lain yang sama atau berbeda dalam kelompok tapi mereka melakukan secara independan satusama lain .
4. Counteracting : Kelompok yang saling bersaing untuk mendapatkan sumberdaya yang langka.
5. Reference : Memiliki daya tarik tertentu sehingga membuat ingin bergabung atau hanya untuk memiliki identifikasi.
Types of Teams
1. Work teams : Relatif permanen dan terikat dalam pekerjaan sehari-hari .
2. top managements teams : merujuk kepada kelompok kecil yang terdiri dari orang-orang yang berpengaruh .
3. Cross Functional teams : Normalnya terbentuk kurang lebih dari level hirarki yang sama , namun berasal dari area fungsional yang berbeda didalm maupun luar organisasi dan mereka bergabung hanya untuk tugas tertentu.
4. project teams : hampir persis sama dengan cross functional teams keberadaannya hanya sementara
5. Venture teams : mencoba untuk mendapatkan sumberdaya kreatif dalam organisasi .
6. Quality Circles : tim yang hanya berfokus meningkatkan kualitas dan efektifitas tim.
7. self manage teams : terdiri dari perencanaan dan jadwal kerja , kontol yang kolektif atas kecepatan kerja , mengambil keputusan dan pemecahan masalah .
8. Mirtual teams : Sebagai kelompok tugas tersebar fisik yang melakukan urusan melalui teknologi informasi.
Itulah beberapa pengetahuan yang saya share semoga bermanfaat jika ada salah dalam kata di atas mohon dimaafkan .
Refrensi ini dari:::
McKenna, E.2012. Business Psychology and Organizational Behavior, 5th ed, Psychology press, USA and Canada.
Sarwono, W.S. Pengantar Psikologi Umum, Rajagrafindo Persada, Jakarta
Kelompok dan Tim sering sekali digunakan dalam hal kerjasama , menurut definisi oleh tokoh psikologi aliran klasik unit kecil yang dipelajari psikologi yaitu individu. Olehkarna itu kelompok adalah sekumpulan individu . Gustave Le Bon (1941-!931)
Tm dapat digambarkan sebagai sekumpulan orang dalam jumlah kecil dengan kemampuan yang dapat saling melengkapi satu sama lain dan memiliki tujuan, performance goals, dan pendekatan yang mengharuskan mereka untuk bertanggung jawab (moorhead & Griffin, 2010)
Berikut ini Gambaran tentang Team dan Group:
Types Of Groups
1. Formal And Informal
Formal : Tujuan penting dan peran yang dilakukan oleh anggota yang telah ditentukan.
Informal: Tujuan penting dan peran muncul ketika orang saling melakukan interaksi
2. Primary And Secondary
Primary : Group(kelompok) kecil sering melakukan kontak wajah dan memiliki hubungan dekat.
Secondary: Group(kelompok) Besar memiliki budaya yang berbeda , letak geografis tiap anggota jauh seperti perusahaan .
3. Coating : Anggota dapat melakukan tugas-tugas lain yang sama atau berbeda dalam kelompok tapi mereka melakukan secara independan satusama lain .
4. Counteracting : Kelompok yang saling bersaing untuk mendapatkan sumberdaya yang langka.
5. Reference : Memiliki daya tarik tertentu sehingga membuat ingin bergabung atau hanya untuk memiliki identifikasi.
Types of Teams
1. Work teams : Relatif permanen dan terikat dalam pekerjaan sehari-hari .
2. top managements teams : merujuk kepada kelompok kecil yang terdiri dari orang-orang yang berpengaruh .
3. Cross Functional teams : Normalnya terbentuk kurang lebih dari level hirarki yang sama , namun berasal dari area fungsional yang berbeda didalm maupun luar organisasi dan mereka bergabung hanya untuk tugas tertentu.
4. project teams : hampir persis sama dengan cross functional teams keberadaannya hanya sementara
5. Venture teams : mencoba untuk mendapatkan sumberdaya kreatif dalam organisasi .
6. Quality Circles : tim yang hanya berfokus meningkatkan kualitas dan efektifitas tim.
7. self manage teams : terdiri dari perencanaan dan jadwal kerja , kontol yang kolektif atas kecepatan kerja , mengambil keputusan dan pemecahan masalah .
8. Mirtual teams : Sebagai kelompok tugas tersebar fisik yang melakukan urusan melalui teknologi informasi.
Itulah beberapa pengetahuan yang saya share semoga bermanfaat jika ada salah dalam kata di atas mohon dimaafkan .
Refrensi ini dari:::
McKenna, E.2012. Business Psychology and Organizational Behavior, 5th ed, Psychology press, USA and Canada.
Sarwono, W.S. Pengantar Psikologi Umum, Rajagrafindo Persada, Jakarta
Komentar
Posting Komentar